Selasa, 24 Mei 2016

Bahaya Makanan Junk Food Bagi Kesehatan Otak

Dengan perkembangan yang terjadi sekarang ini  membuat pola pikir masyarakat menginginkan segala sesuatu besifat instan yaitu salah satunya adalah mengonsumsi junk food. Bila Anda adalah satu dari orang yang sering mengonsumsi junk food. Sebaiknya mulai dari sekarang kurangi kebiasaan tersebut, hal ini dikarenakan memiliki dampak yang sangat tidak baik bagi kesehatan terutama kesehatan otak. Diantaranya dapat memperkecil hippocampus atau bagian otak yang memiliki kaitanya terhadap kemampuan berfikir dan belajar. Memang banyak sekali bahaya yang ditimbulkan oleh makanan yang satu ini, tapi sayangnya masyarakat masih saja sering mengonsumsinya. Bisa dibilang sekarang ini memang junk food adalah salah satu makanan yang menjadi favorit semua orang.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan dipaparkan melalui jurnal internasional BMC Medicine pada September 2015 tahun lalu. Mengatakan bahaya junk food terhadap otak akan semakin lebih parah jika kebiasaan tersebut tidak kunjung dihentikan. Bahaya junk food bagi eksehtaan otak juga dapat meningkatkan gangguan terhadap kesehatan menital dan memperbesar penyakit dimensia. Penyakit dimensia ini merupakan sekumpulan kondisi dimana tubuh mengalami penurunan sehatan mental. Ditandai dengan berbagai gejala diantaranya kesulitan dalam proses berpikir, berbicara, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu juga dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang lainnya yaitu Deakin University School of Medicine, Australia. Para peneliti menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk melihat citra otak dan mengukur volume hippocampus otak pada sekitar 250 orang dewasa yang berusia 60 sampai 64 tahun. Para peneliti ini menyatakan bahwa alasan emngapa junk food menjadi makana  yang berbahaya? Karena junk food menganudng pemanis sangat tinggi, tinggi kandungan garam, tinggi lemak dan memiliki ukuran hippocampus yang lebih kecil. Hal itu dapat mempengaruhi kemampuan belajar, meningkatkan resiko demensia, menimbulkan kecanduan dan masih banyak lagi lainnya. Bila tubuh semakin kecanduan junk food, maka yang terjadi adalah adanya penumpukan gula, lemak, dan garam, pada otak, namun pada saat yang bersamaan juga terjadi kekurangan zat nutrisi sehat seperti omega 3, omega 6, dan triptofan di otak.    Sebaliknya dengan orang yang sering mengonsumsi makana sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan sehat lainnya. Mereka akan memiliki ukuran hippocampus yang lebih besar. Dengan begitu kondisi kseahtan otak dan tubuh akan jauh lebih sehat dibandingkan orang yang sering mengonsumsi makanan junk food. Ini sangat berbahaya terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Jika mereka sering mengonsumsi junk food akan berdampak sangat buruk dalam segala hal.

Makanan junk food memang sangat tidak baik bagi kesehatan, dari namanya saja kita bisa mengartikan bahwa junk food adalah makanan yang rendah nutrisi atau tidak sehat Makanan junk food umumnya tinggi kalori, mengandung lemak, gula, dan garam dalam kadar yang tinggi. Selain itu, di dalam junk food juga banyak terkandung zat-zat aditif seperti bumbu penyedap, pengawet, pewarna dan perasa. Meskipun begitu, junk food memang sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Biarpun sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh yang bukan hanya pada otak, mereka sudah tidak cukup memperdulikannya. Tapi jika Anda sayang terhadap kondisi kesehatan Anda, mulai dari sekarang untuk Anda mulai menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan junk food.

Sekian penjelasan mengenai bahaya makanan junk food yang dapat Anda ketahui. 
Baca juga 


http://benergi.com/pengertian-sifat-sifat-magnet-dan-jenis-jenis-magnet
http://benergi.com/langkah-untuk-membuat-panel-tenaga-surya-sederhana-sendiri
http://benergi.com/pengertian-sifat-sifat-magnet-dan-jenis-jenis-magnet
http://benergi.com/cara-memilih-pemanas-air-tenaga-surya-yang-tepat
http://benergi.com/macam-macam-gaya-dalam-ilmu-fisika-lengkap-dengan-contohnya
http://benergi.com/keuntungan-dan-kerugian-pembangkit-listrik-tenaga-surya
http://benergi.com/inilah-pengertian-dan-macam-macam-resistor
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar