Sabtu, 04 Juni 2016

Manfaat ASI Ekslusif Bagi Ibu dan Bayi

Sekarang ini banyak ibu- ibu yang menyusui namun kurang cukup tahu berbagai manfaat yang diperoleh dari memberikan ASI Eklusif kepada bayinya. Bagi para ibu menyusui perlu Anda tahu memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama saat bayi baru lahir memiliki banyak manfaat yang bukan hanya untuk bayi Anda tapi juga untuk diri sendiri. Karena begitu pentingnya asupan ASI eksklusif, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics, sangat merekomendasikan bagi para ibu yang baru saja melahirkan untuk dapat memberikan ASI ekslusif. Selain itu Dunia (WHO) merekomendasikan untuk dapat  memberian ASI selama setidaknya dua tahun semenjak bayi pertama lahir di dunia.

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai hal yang berhubungan dengan ASI. Air sus ibu atau yang serin disebut dengan ASI yang pertama kali keluar setelah melahirkan itu sendiri dinamakan dengan kolustrum yang berwarna kuning tua. Susu ini dalam dunia medis dipercaya memiliki begitu banyak kandungan nutrisi dan termasuk antibodi yang berguna untuk melindungi bagi dari berbagai macam infeksi dan jenis penyakit lainnya. Selain itu kolostrum ini juga membantu sistem pencernaan bayi yang baru lahir untuk dapat tumbuh kembang dengan baik. Pada hari ketika paska melahirkan kolostrum akan berubah menjadi susu matang. Dan dalam kolostrum ini berfungsi dan mengandung komposisi lemak, gula, air dan protein dengan jumlah yang dibutuhkan oleh bayi dalam menunjang masa pertumbuhannya. Lantas apa saja manfaat ASI Ekslusif bagi ibu dan bayi? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Manfaat ASI Ekslusif Bagi Ibu dan Bayi yang Dapat Anda Ketahui

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi
  1. ASI sendiri merupakan makanan dan minuman yang memiliki kualitas terbaik untuk bayi yang sangat mudah di cerna, di serap, higienis dan pastinya aman bagi kesehatan bayi.
  2. ASI dapat bermanfaat untuk membantu menyempurnakan pertumbuhan. Selain itu bagi bayi yang menerima ASI eksklusif juga dapat membuat bayi menjadi tidak rentan terserang penyakit dan membuat bayi tumbuh dengan cerdas. 
  3. ASI ekslusif dipercayai sebagai sumber paling efektif untuk mencegah kematian bayi karena bayi yang di bawah usia 2 bulan apabila tidak disusui adalah enam kali lebih mungkin untuk meninggal yang diakibatkan oleh diare atau infeksi saluran pernapasan akut daripada bayi yang menerima ASI. 
  4. Selain itu ASI jugga dapat membantu memenuhi kebutuhan air pada bayi, berkaitan dengan hal tersebut terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dalam kandungan ASI mengandung air sebanyak 80%. sehingga bayi tidak perlu membutuhkan tambahan cairan. ASI mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental anak. Bayu dengan konsumsi ASI yang cukup menunjukkan perkembangan IQ yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak menerima ASI ekslusif. Nutrisi yang cukup adalah kunci utama untuk kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan bayi.

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu
  1. Membantu mengurangi berat badan ibu paska melahirkan. Hal ini dikarenakan pada saat proses menyusui ibu bayi akan banyak mengeluarkan kalori yang disebabkan tubuh secara terus menerus memproduksi ASI.
  2. Mengurangi resiko kanker payudara, manfaa ASI ekslusif bagi ibu adalah dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker payudara.
  3. Manfaat yang terakhir adalah dapat membantu meningkatkan hubungan ibu dan anak. Dimana dapat meningkatkan perasaan yang semakin kuat dengan bayinya. 

Baca juga


http://bisnisi.com/peluang-bisnis-di-bulan-ramadhan-paling-menjanjikan/
http://bisnisi.com/strategi-sukses-usaha-cuci-motor-untuk-pemula/
http://bisnisi.com/usaha-sampingan-modal-kecil-untuk-karyawan/
http://bisnisi.com/ide-bisnis-rumahan-tanpa-modal-yang-menguntungkan/
http://bisnisi.com/peluang-usaha-kecil-menengah-yang-potensial/
http://bisnisi.com/aneka-tanaman-hias-paling-populer-untuk-dibudidaya/
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar